Monday, 20 March 2017

DISAIN LAPISAN PERKERASAN

DISAIN LAPISAN PERKERASAN 
4.1. DISAIN PERKERASAN LENTUR TAXIWAY
a. Data-data perencanaan
~ Data pesawat
- Pesawat rencana : Boeing 727-200
- MTOW : 169.000 lbs
- Type roda pendaratan : Dual Wheel Gear
- Pembagian beban :
* Untuk roda depan : 5% . 169.000 = 8.450 lbs
* Untuk main gear : 95% . 169.000 = 160.550 lbs
* Panjang badan pesawat : 153'02"
* Jarak roda : 63'03"
* Jarak antar roda pendaratan : 18'09"
- Annual Departure : 1200
~ Data tanah
- Harga CBR Tanah Dasar (subgrade) berdasarkan hasil penyelidikan tanah adalah :
4% , 4% , 4% , 5% , 5% , 5% , 5% ,
No CBR(%) Jumlah yang sama atau lebih besar Prosentase (% )
1. 3,5     1 + 6   =   7             100
2. 4     2 + 4   =   6             85,71
3. 4,5     2 + 2   =   4             57,14
4. 5     2 + 0   =   2             28,57
Menentukan CBR yang mewakili (%)
Dari grafik diatas diambil CBR 90% yaitu : 3,8
- Harga CBR Lapis Pondasi Bawah (subbase) berdasarkan hasil penyelidikan tanah adalah : 45%
b. Perhitungan tebal perkerasan lentur
Berdasarkan data-data tersebut diatas, maka dapat ditentukan tebal perkerasan sebagai berikut :
Dihitung berdasarkan Gambar 6-16.
1. Tebal perkerasan total
~ CBR subgrade = 3,8%
~ Pada absis paling atas diikuti garis tegak lurus ke bawah sampai berpotongan dengan MTOW
pesawat rencana = 169.000 lbs
~ Dari titik tersebut tarik garis horisontal ke samping berpotongan dengan eqivalent annual
departure = 1200
~ Kemudian dari titik annual departure turun kebawah memotong absis bawah.
~ Diperoleh tebal perkerasan total : 41,0 inch 104,14 cm
2. Tebal lapis pondasi bawah (subbase)
~ CBR subbase = 45%
~ Pada absis paling atas diikuti garis tegak lurus ke bawah sampai berpotongan dengan MTOW
pesawat rencana = 169.000 lbs
~ Dari titik tersebut tarik garis horisontal ke samping berpotongan dengan eqivalent annual
departure = 1200
~ Kemudian dari titik annual departure turun kebawah memotong absis bawah.
~ Diperoleh tebal perkerasan subbase : 6,8 inch ( 17,272 cm) . Angka ini menunjukkan
ketebalan surface dan base diatas lapisan subbase dengan CBR  45%
~ Maka tebal subbase adalah 41,0 - 6,8 = 34,2 inch ( 86,868 cm)
3. Tebal permukaan
Pada gambar 6-16 tertulis bahwa tebal lapisan surface untuk daerah kritis = 4 inch (10,16 cm),
dan daerah non kritis = 3 inch (7,62 cm)
4. Tebal lapisan pondasi atas (base coarse)
Tebal base coarse bisa dihitung dengan mengurangkan 6,8 - 4 = 2,8 inch ( 7,112 cm).
Hasil perhitungan base coarse ini harus diuji terhadap grafik 6-24.
~ Dari ordinat paling kiri diambil angka 41,0 inch
~ Tarik garis horisontal berpotongan dengan garis CBR subgrade = 3,8%
~ Kemudian tarik garis ke bawah berpotongan dengan absis bawah.
~ diperoleh tebal base coarse minimum = 8,7 inch ( 22,098 cm).
Selisih base coarse 8,7 - 2,8 = 5,9 inch ( 14,986 cm). Angka ini tidak ditambahkan pada
perkerasan total, tetapi diambil dari tebal subbase, maka tebal subbase adalah :
= 34,2 - 5,9 = 28,3 inch ( 71,882 cm).
Kesimpulan :
Tebal Perkerasan Lapisan Permukaan = 4 inch
Tebal Perkerasan Lapisan Pondasi Atas = 8,7 inch
Tebal Perkerasan Lapisan Pondasi Bawah = 28,3 inch
= 41,0 inch
Sketsa Lapisan Perkerasan Runway
40%,Large confetti,Cork
4 inch
8,7 inch
28,3 inch

No comments:

Post a Comment